• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

RAPAT KOORDINASI MANAJEMEN PELAYANAN PASIEN


          MPP    adalah suatu proses kolaboratif utk asesmen, perencanaan, fasilitasi,   koordinasi   pelayanan,   evaluasi   dan   advokasi untuk   opsi   dan   pelayanan   bagi   pemenuhan   kebutuhan komprehensif  pasien  dan  keluarganya,  melalui  komunikasi dan   sumber   daya   yg   tersedia   sehingga   memberi   hasil asuhan pasien yg bermutu dengan biaya efektif. 

          RS menghadapi berbagai tantangan dan tekanan : meningkatnya kompleksitas asuhan pasien, tuntutan kualitas dan safety, pemenuhan terhadap peraturan perundangan.  Dalam konteks biaya, RS harus mengatasi kenaikan biaya staf, proses yg inefisien, pasien dgn lama dirawat yang memanjang, prosedur yg tidak perlu dsb. Manajer Pelayanan Pasien (Case Manager)  memegang peranan penting dalam mengatasi masalah2 tsb . MPP jelas bukan PPA (Profesional Pemberi Asuhan) yg aktif, yg menulis resep, mengorder pemeriksaan penunjang dsb. MPP adalah Tour Guide.

          Peran MPP dapat menggabungkan beberapa karakteristik spt koordinator, problem solver, fasilitator, konselor, manajer perencanaan, manajer finansial, edukator, dan advokasi. Cara pendekatannya dlm mengatasi masalah haruslah realistis, mempertimbangkan sifat2 dari lingkungan RS, berbagai sikap anggota tim PPA sewaktu berinteraksi, sikap kepala instalasi/unit, maupun manajemen lainnya dalam pelayanan pasien, yg kemungkinan tidak mempunyai pengetahuan / petunjuk ttg peran yg dijalankan oleh MPP.

          Cara pendekatannya dlm mengatasi masalah haruslah realistis, mempertimbangkan sifat2 dari lingkungan RS, berbagai sikap anggota tim PPA sewaktu berinteraksi, sikap kepala instalasi/unit, maupun manajemen lainnya dalam pelayanan pasien, yg kemungkinan tidak mempunyai pengetahuan / petunjuk ttg peran yg dijalankan oleh MPP.

 

(UPKRS)

  • By admin
  • 17 Juni 2019
  • 17

Berita Terbaru


RSUD Wonosari Raih Akreditasi Paripurna A sebagai Lembaga Pelatihan Kesehatan

Wonosari, 29 November 2025- RSUD Wonosari resmi menerima Sertifikat dan…

RSUD Wonosari Raih Juara 3 Lomba Paduan Suara HUT ke-54 KORPRI Kabupaten Gunungkidul

Wonosari 27 November 2025 – Dalam rangka peringatan Hari Ulang…

RSUD Wonosari Sukses Melaksanakan Rekredensialing BPJS Kesehatan 2025

Wonosari, 26 November 2025 - RSUD Wonosari melaksanakan rekredensialing FPKTL…

Kunjungan Tim Penilaian Adipura ke Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari

Wonosari, 25 November 2025 — Tim Penilaian Adipura hari ini melakukan…